Sejarah Dari Nama Pulau Irian Jaya atau Papua

Posted by abu hasan on 10:10 AM, 21-Jul-13 • Under: sejarah

semalam ane bahas pulau sulawesi sekarang kita akan bahas pulau papua pasti tau dah nama pulau ini silakan di simak di bawah sini

pulau-irian-indonesia.jpg
Pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, wilayah ini dikenal sebagai Nugini Belanda (Nederlands Nieuw-Guinea atau Dutch New Guinea). Setelah berada di bawah penguasaan Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973. Namanya kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002. Irian sendiri merupakan kependekan dari Ikut Republik Indonesia, Anti Nederland (join/ follow the Republic of Indonesia, rejecting the Netherlands).

Nama provinsi ini diganti menjadi Papua sesuai UU No. 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua. Pada 2003, disertai oleh berbagai protes (penggabungan Papua Tengah dan Papua Timur), Papua dibagi menjadi dua provinsi oleh pemerintah Indonesia; bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya menjadi Provinsi Irian Jaya Barat (setahun kemudian menjadi Papua Barat). Bagian timur inilah yang menjadi wilayah Provinsi Papua pada saat ini.

Kata Papua sendiri berasal dari bahasa melayu yang berarti rambut keriting, sebuah gambaran yang mengacu pada penampilan fisik suku-suku asli.

selamat membaca

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

23 responses to "Sejarah Dari Nama Pulau Irian Jaya atau Papua"

KEBAKKRAMAT [10:43 AM, 21-Jul-13]

woow.. papua tuh artinya keriting ya, baru tahu. thank mas infonya

Eric santay's [10:49 AM, 21-Jul-13]

Ternyata begitu y sob

Cari uang lewat ekiosku.com [11:26 AM, 21-Jul-13]

Baru tau ikut republik indonesia anti nedherland hehe
tapi kagak anti Usa heleh2 eman sami mawon

Edy setiawan [11:40 AM, 21-Jul-13]

wah, begitu ya rupanya.

Dont Touch Me [11:42 AM, 21-Jul-13]

jadi begono ye ceritanya sob

Hunstu Nur Huda Pencipta Lagu Keren [11:58 AM, 21-Jul-13]

Di papua msh banyak perang antar lokal ngk sob ?
New Post Sob Berkunjung Nie Rasa Sakit Itu Nyata Dan Pasti Terjadi Ditunggu Kunjuganya Jangan Lupa Rating Blogku Pasti ! Aku Rating Balik Thx dah Sebelumnya He.
http://huns-tu.heck.in/rasa-sakit-itu-nyata-dan-pasti-terjadi.xhtml

Light [12:07 PM, 21-Jul-13]

mantap neh, nambah ilmu nih

rizal bimantara [12:18 PM, 21-Jul-13]

gk kepikiran ane ..
Ternyata begitu sejarahnya

samzsss95 [12:21 PM, 21-Jul-13]

jadi tahu ni gan..
mkci infonyasmilesmile

User Mwb [12:37 PM, 21-Jul-13]

Thank Infonya

Blog Ndeso [01:15 PM, 21-Jul-13]

makasih infonya sob......

Saya tunggu pulau NTT

xgrg [02:04 PM, 21-Jul-13]

kunjungan perdana ditunggu kunbalnya . Follow2an yuk
Xgrg.mywapblog.com

Desy [03:27 PM, 21-Jul-13]

papua bersejarah jg ya.

Sinyo [03:43 PM, 21-Jul-13]

saya hadir berkunjung untuk
meramaikan blog sobat

ikoz [08:42 PM, 21-Jul-13]

papua arti x rmbut kriting,cucok dah dg penduduk x

Abdul jalil [09:18 PM, 21-Jul-13]

hadir gan. .maaf cuman bisa menyimak

Zatmika [05:39 AM, 22-Jul-13]

nyimak masta......smile

sebelumnya mohon ma'af karena udah lama ga kunbal gara2 we ga da trik gratisan xixixismile

綺麗PAPA REYHANZ [06:13 AM, 22-Jul-13]

ohhh jadi begitu sejarah awalnya? Saya jadi tau dh, makasih abusmile

Ous Ne [06:22 AM, 22-Jul-13]

nice info gan....

politica [07:33 AM, 22-Jul-13]

Artikel sahabat, sangat bermakna..biggrin

Cosmo [08:19 AM, 22-Jul-13]

b]Ternyata irian itu singkatan ya

ReyKeenLee [08:29 AM, 22-Jul-13]


met sore,,,!!

mampir,,!!!

Aku Anak Papua, [07:12 AM, 25-Nov-13]

Tks,, Yukb,, atas penyelasan asal usul papua..
biar kita tau sejarahNya...
hehehe

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

Please Sign In to comment